Beranda » CERITAKU » CUSTOM POST » JANGAN TERLALU MEMUJI » PesBuK » GuGeL+ » SukSes back to topback to bottom

jangan terlalu memuji

JANGAN TERLALU MEMUJI (AYAS)
jangan terlalu memuji
I'm not what You think!
I'm just nothing.

Pujian itu suatu apresiasi yang diberikan atas hal yang dinilai baik atau hebat. Memuji orang merupakan perbuatan sepele yang memberikan banyak makna. Arti pujian bagi Ayas adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, karena Kita merasa bahwa eksistensi Kita sebagai seorang individu di suatu lingkungan dan kerja keras Kita diakui hasilnya.(Siapa sih yang gak suka diakui keberadaanya sama orang lain).

Pujian yang mengisyaratkan sebuah maksud, arti dan kejujuran yang disampaikan seseorang ke orang lain. Pujian yang mungkin tidak disadari maksud, arti dan nilainya kepada sikap dan perilaku Kita. Tidak seorangpun yang ada dimuka bumi ini yang “mungkin” tidak pernah mendapat pujian. Terkadang Kita sebagai manusia memang perlu diberi pujian biar hidup jadi bermakna. Hal ini mungkin menandakan bahwa pujian adalah salah satu pola interaksi yang hampir selalu terjadi di kehidupan manusia. Sebagai contoh dalam dunia Blog yang sering Kita jumpai dalam Kolom komentar sebuah Blog. Apakah berdampak baik bagi diri atau malah sebaliknya?.


Secara umum itu adalah hal yang lumrah, tapi mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada sisi positif yang mungkin didapat setelah mendapat pujian, salah satunya adalah bentuk apresiasi yang ditujukan si penerima menjadi sebuah motivasi untuk melakukan hal-hal yang lebih gemilang lagi. Hal-hal yang mungkin lebih baik dari keadaan yang pernah dilakukan sebelumnya. Hasil yang dicapai dengan prestasi tersebut cenderung akan mengundang decak kagum orang lain. Decak kagum yang akan dilontarkan dalam bentuk pujian yang luar biasa kepada individu tersebut. Sangat mungkin terjadi.
Sisi lainnya, terdapat beberapa masukan psikologis yang membuat individu tersebut menjadi pribadi yang lebih baik dan akan menumbuhkan rasa percaya diri yang mungkin berlebih dan kadang berlebihan, terlalu percaya diri, egois dan mungkin tidak menganggap orang lain, dan bukan tidak mungkin bisa menyakiti orang lain. Apakah ada yang kejadian yang demikian?.
Dalam berinteraksi mungkin Anda menemuinya. Mungkin itu Ayas???.


Bukanlah hal yang sepele bagi Kita ketika menerima pujian dari seseorang, terkadang Kita bangga, dan mengapresiasinya dengan jawaban yang merendah, dan kadang berusaha menutupi rasa GR dengan tindakan-tindakan yang tidak biasa, seperti menjadi salah tingkah. Yah, begitulah manusia.


Cobaan, masalah dan hambatan-hambatan bukanlah lawan yang sesungguhnya yang dihadapi oleh manusia yang beragama. Cobaan dan tantangan adalah pelajaran yang terbaik untuk medapatkan suatu nikmat yang luar biasa. Salah satu lawan yang paling nyata dan kadang tidak disadari manusia adalah Pujian. Pujian yang terkadang membuat manusia lupa diri, dan menganggap diri sosok yang paling baik, paling hebat dan bahkan tidak ada manusia lain yang ada disekelilingnya lebih hebat dari dia. Astaghfirullahal’azzim.”

Kutipan tersebut menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang mudah lupa diri, dan bahkan melewatkan sesuatu yang lebih penting, yaitu arti dan makna pujian itu sendiri. Pujian yang akan menghantarkan diri ke dua sisi yang saling berlawanan, positifkah atau bahkan negatif?


Nah.. kalau begitu salahkah orang yang menyampaikan pujian?.
Ayas tidak berpikir demikian, memuji adalah hak orang lain. Bukanlah hal yang bijak ketika Kita menutup diri dari semua pujian yang disampaikan orang lain. Pujian yang kadang tidak Kita ketahui apakah pujian yang disampaikan benar-benar tulus atau hanya sekedar basa-basi belaka, atau bahkan sebuah ucapan yang hanya ditujukan untuk mencari simpati orang yang dipuji, penuh kepura-puraan. Sebuah hubungan timbal balik yang penuh kepura-puraan, sungguh tidak baik untuk dijadikan konsep diri.


Agaknya diperlukan kamampuan untuk melindungi diri dari pujian-pujian yang disampaikan orang lain. Pujian yang kadang membuat Kita lupa diri dan berperilaku yang mungkin tidak baik.
Melindungi diri bukan menolak pujian, tapi menyalurkan pujian tersebut ke arah yang benar, sehingga membuat Kita menjadi lebih bijak dan terhindar dari sifat-sifat yang tidak baik. Selalu sadar bahwa pujian bisa membuat Kita lupa diri. Filter yang secara pribadi mungkin mampu digunakan untuk menilai ketulusan pujian yang disampaikan seseorang. Karena pujian itu melenakan bila tidak berhati-hati. Sanjungan dapat membuat anda tersandung. Dan Ayas selalu tekankan pada Anda, bahwa Ayas sebenarnya belum apa-apa, Ayas bukanlah Seorang Ahli, bukan Tutor, bukan pula MASTER. Karena Ayas adalah Seorang yang baru mengenal blog. Percayalah.. Ayas bukannya merendah karena masih ada langit di atas langit. Hanya Alloh SWT Sang pemilik segalanya. Untuk itu janganlah Anda Terlalu memuji Ayas. Tapi yang sewajarnya saja.


Semoga postingan ini selalu menjadi peringatan bagi diri Ayas sendiri dan Para Sobat sekalian.
Terima kasih kepada semua Sobat yang pernah mengkritik maupun memuji Ayas. Semuanya merupakan penyemangat Ayas untuk menjadi lebih baik dan tetap Ngeblog hingga saat ini.


SALAM PERSAHABATAN SATU JIWA!

TAMPILAN TERBAIK dengan BROWSER GOOGLE CHROME di LAYAR UKURAN 1280x854... Terima Kasih.
  1. Hmm.. Sobat boleh saja tuk memuji Ayas, seneng banget kok!
    Tapi yang sewajarnya saja, asal jangan berlebihan!!
    Karena itu sungguh Ter... La... Lu....
    ^_^
    Kalo mau silakan Sobat Kritik habis-habisan, justru lebih Baik!!!

    "Jiaaah.. desainnya kok gak karuan gini siy!!
    Loadingnye LeLeT... tulisannye Gede-Gede gitu... Gak responsive lagi
    "

    Contoh Kritikan yang MANTAAFFFF!!
    Hwehehe... PizZ Bro!

    BalasHapus
  2. wiiihhh keren bg nya bisa gonta gnti warna,,,oya yas link q ko gda di pojok bawah,,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduw.. Maaf Mas Ayas kelupaan neh!!!
      Okelah.. segera Ayas pasangin deh!!!
      Tenang aje yeeee...
      ^_^

      Hapus
    2. Hehehehehehe Wah mif mif hehehehehe Link kmu ditaruh di hatinya Mas Bagio tuh jgan kwatir kalau kagak ada di pojok? :-D MANTAAAAAAAAFFFFFFFFF

      Hapus
    3. Weleeh... Weleeh... udaah nyante aje Mas Brow... gak usah ES MONI..
      Tenang semua dikasi ES MONI kok!!!
      ^_^
      SALAM DAMAI INDONESIA!!!

      Hapus
  3. huwakaka, Allahnya sam, kok gak bener sih. salah kata salah arti loh.
    terus tuh fb ama g+ kok lebay banget yah, apa sam ndiri lagi lebay lebayan nih xixixi

    ane rada mumet liat tulisan sam. coba dikasih feel lagi deh waktu nulis xoixiixix.
    beda ketika bikin puisi atau apa deh sam.

    oke good luck ^_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah.. ini neh KRITIKAN PERTAMA yang MANTAAAFFF BANGEEET!!
      Hmm.. emang siy katanya rada Keliru banget dalam Tata Bahasa Indonesia yang benar!
      Sengaja Ayas ketik begitu pake "O", mengikuti penyebutan dalam Bahasa Arab.
      Yang kalo dalam agama Islam penyebutannya begitu Sobat...
      Yach.. tujuannya supaya beda Penyebutan aja ma agama lain.
      Maaf!!

      Hapus
  4. sib bro jgn terlalu lebay untuk memuji itu malah mmbuat orng mrasa ane. . . Menurut saya

    BalasHapus
  5. bijak menyikapi setiap pujian yang datang menghampiri kita kali ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe ya mbak, memang kita harus bisa mnenyikapi semua pujian yang terlempar kepada kita, mungkin pujian tersebut kita dapat mengembangkan diri kita untuk lebih baik. Tetapi terkadang orang bnyak yang menyikapi salah dengan pujian tersebut seperti dengan membalas pujian tersebut dengan kalimat "Ah ndak juga sih, em jgan lebay ah?" hehehehehe

      Mas Bagio aq bantu nih jawab komentar yang ada di blog kmu...? Hehehehehe MANTAFFFF..........!

      Hapus
    2. MANTAAFFF BANGEEET Balesannya Sob!!!
      Ayas sangat BERTERIMA KASIH BANGEET ma Sobat Jefry!!!
      ^_^

      Hapus
  6. wah luar biasa sob postinganya n smakin mnarik blognya
    lebay ya komentnya :)
    tapi bener sam, bisa jadi koreksi buata ayas jg, spy swjarnya mnanggapi sbuah pujian, matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pujian yang Sewajarnya lebih bijak daripada yang Berlebihan!!
      Makasi sama-sama Mas!!!
      ^_^

      Hapus
  7. iya meskipun memuji itu hal yang positif namun adakalanya hal positif bisa berubah menjadi berbanding terbalik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Banget Sob!
      Karena efek Samping dari pujian itu sangat melenakan Jiwa!!
      Sampai malah Lupa Diri... dan merasa tinggi hati deh!!
      ^_^

      Hapus
  8. Mantappp backgroundnya gonta-ganti warna.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu coba deh fahmi gonta-ganti muka, pasti bagus...? Wkwkwkwkwk Woke............!

      Hapus
    2. Ngajak bekelahi???? kwkwkwkwkwk situ aje.

      Hapus
    3. Haaddeeeh... gini deh kalo Sobat akrab saling ketemu...
      Jadinya SERUUU!!
      Hwehehee... PizzZZ

      Hapus
    4. Hahahahahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....

      SERU BUANGET LAHHH!!!!

      Hapus
    5. MANTAAFFF BANGEEEET tuh!!!
      ^_^

      Hapus
  9. betul skali neh mas.

    Terkadang pujian yang berlebihan bisa membuat seseorang terkesan sombong, dan pastinya lupa diri. Tapi memang sih ada semacam kepuasan ketika ada teman yang memberikan pujian entah mengenai tulisan atau tampilan blog kita.

    Ada baiknya pujian itu diselingi dengan kritikan, sehingga kedepannya bisa lebih baik lagi:)

    (saya perhatikan mas ini sering menggunkan efek text-shadow tepatnya pada bagian Hover link..)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah.. kalo pujian itu diselingi dengan kritikan, malah MANTAAFFF tuh Mas!!
      Ayas sangat menghargai itu, Daripada hanya sekedar memuji yang sering berlebihan!!
      I Like it.

      (Ayas pake Text shadow biar kelihatan berbeda aja ama tulisannya Mas. Agak berlebihan yach???)

      Hapus
  10. betul, nggak baik emang terlalu memuji :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aq sih suka muji muji diriku aq sendiri mbak...?

      Hapus
    2. Hmm... boleh saja memuji, apalagi memuji untuk Diri sendiri sebagai Penyemangat Diri..
      Tapi jangan berlebihan... karena malah tidak baik!
      ^_^

      Hapus
  11. Balasan
    1. Terima Kasih Banget atas kunjungannya Mas!!
      Moga gak kapok yach...
      SALAM KENAL SATU JIWA!!

      Hapus
  12. hmm bener apalagi kalo uda bangga diri merasa pinter wele2 sok kePEDEan :D

    BalasHapus
  13. Hmm... semoga saja Kita tidak sampai seperti itu MAs!!
    Setidaknya ada kontrol Diri dalam menyaringnya mana yang baik atau tidak baik untuk Diri.
    Biar Kita tetep rendah hati dalam menyikapi segala Pujian yang ada!!
    ^_^

    BalasHapus
  14. Pujian bukan lah tujuan akhir,jgn sampe pujian jadi senjata yg bikin kreativits kita mati ,tul gak bang?hehe mantaps nih maenannya warna berubah2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANTAAFFF.. BETUUL BANGEET Sob!!
      ^_^
      Ayas berharap jangan sampai seperti itu deh Sobat... BAHAYAA!!
      Gak bisa bayangin kalo Kreatifitas jadi mati!!
      Ck.. Ck... Ck...

      Hapus
    2. bahaya memang bang wwkwk,semoga kita gak gitu ya bang aminnn

      Hapus
    3. Amin Ya Robbal Alamin!!!
      Kita berusaha untuk bisa menghindarinya Sob!!!
      ^_^

      Hapus
  15. Salam Satu jiwo sam ... ternyata nawak2 Arema akeh seng ngeblog yo ... salam kenal wes ... ayas blogger arema ....

    lek onok kopdar blogger Arema ayas di sentil sam.. cek rame... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. SALAM SATOE DJIWA AREMA!!
      Waah... Ayas seneng banget kalo bisa ketemu Nawak Arema dewe ngene iki!!
      Ayas gak pernah hadir KOPdar Sam.. gak tau infonya!
      Hweheheee....

      Hapus
  16. Hihihi iya,
    memuji yang biasa aja.
    Nda usah lebay lah ya hihi~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss... Gak Bole LEBAY deh.. malah bikin JIJAY!!
      Hweheee..

      Hapus
  17. Pujian itu emang wajar melihat orang yang karnyanya bagus :D

    Tetapi Kritikan yang sangat memajukan saya karena kedepanya bisa lebih baik lagi daripada sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah.. itulah yang Ayas harapkan dari Para Sobat semuanya Sob!!!
      Karena kalo sering dapet pujian gitu.. malah gak enak sendiri deh!!!
      ^_^

      Hapus
  18. Weis bener bgt, terlalu memuji juga gak baik nanti buat orang besar kepala.. :)
    Ngomong2 templatenya oke nih.. (terlalu memuji kah) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANTAAFFF Sob!!
      Kalo sekedar gitu doang.. TERSERAH KAMULAAH !!!
      Hwehehee...

      Hapus
  19. kalau dipuji dan merasa bangga nanti bisa lupa diri. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. SERATUUSSS!!!!
      ANDA BENAAAARRRR....

      Hapus
  20. Waah tambah keren ae Reeek!!

    BalasHapus
  21. Lo kok tampilannya jadi beda gini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang Sengaja dibikin Beda MAs!!
      Hweheee..

      Hapus
  22. sebahagian orang ada senang bgt akan pujian..
    sebahagian lagi ada yg paling gak suka pujian...
    kadang2 pujian yg berlebihan itu bisa bikin orang tinggi hati(sombong)
    kadang2 pujian yg berlebihan itu ada juga yg berisi ejekan..
    mending kritikan,dari sebuah kritikan itu kita bisa tahu akan salah2 kita...
    mmm..koment saya nyambung gak nih y..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayas Menyukai KOmentar Anda Bang!!!
      Emang lebih baik, mending dapet Kritikan daripada cuma Pujian belaka!!!
      MANTAAAFFF!!

      Hapus
  23. jadi ingan cerita orang yang melempari wajah seseorang dengan debu karena dia di puji,.. dan dia tak suka dipuji,.hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waww..... Justru itulah sikap yang BERANI dalam melawan pujian!!
      SALUT BANGEEET Orang itu... Ck..Ck... Ck...

      Hapus
  24. Sesekali boleh dong dipuji, ntar kalau dicecar terus mentalnya bisa down :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... boleh-boleh aja dipuji, sebab itu bisa dijadikan SEMANGAAAT Kita untuk lebih baik lagi... asal tidak berlebihan!!
      ^_^

      Hapus
  25. Memang terkadang seseorang ada yang suka lupa diri gara-gara di puji, tulisannya mantap Mas Ayas..
    Oh ya soal desain blogazine, awalnya saya merasa panik kok warnanya tiba2 memudar perlahan dan berganti takut kenapa-kenapa ini mata saya pejamkan dulu biar rehat eh ternyata memang begutu. kena di kerjain saya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip Bang.. memang kalo dipuji seringkali Orang jadi LUPA DIRI tuh!!!
      ^_^
      Waaah... Maaf Bang kalo bikin Terganggu.. itu soale Ayas kasi efek Background disco,
      Jadi bisa ganti2 warna gitu deh... Hweheheee

      Hapus
  26. yang salah jika memuji karena ada maksud terpendam,klo memuji karena memank seperti itulah kenyataannya,itu yang aku suka...

    yach,,,seperti itulah kira2:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. Bener Bangeet Mbak Fatma!!
      Ayas juga suka dipuji kalo emang seperti itu kenyataannya..
      Tapi Ayas malah gak suka kalo Berlebihan meski kenyataannya begitu!!
      ^_^

      Hapus
  27. wah kalau di blogger biasanya ngasih award juga kan buat perngahragaan eh pujian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. sepertinya kalo hanya Award itu lebih merupakan sebuah Penghargaan saja bukanlah pujian.
      Begitu menurut Ayas tuh Mas??
      Hwehehe..

      Hapus
  28. terkadang pujian bisa membuat diri seseorang merasa tersanjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJUU BANGEEET Mas!!
      Asal jangan sampek menjadi tinggi hati saja...
      ^_^

      Hapus
  29. temanya ganti lagi kak...:)

    BalasHapus
  30. haha..
    pujian emng ada yg bisa buat orng terbang ke langit... sekalinya di kritik...
    jatohnya sakit deh...
    rachiel juga suka smpe mekar idungnya kalau di puji berlebihan..
    tp malahan itu buat smakin smangat untuk belajar.. bukan semakin menyombong...
    setuju sama bang ayas..
    kritikan juga di perlukan, buat evaluasi dan belajar..ya gak?
    udah bagus ini isinya slalu di ingatkan.. hoho..
    ThX bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANTAAAAFFF BANGEEET... Bener Bangeet Bang!!!
      Kritikan itu emang diperlukan buat evaluasi dan belajar Kita agar semakin baik lagi.
      Asal jangan sampai membuat Kita jadi tinggi hati.
      MAKASI BANGET Bang!!
      ^_^

      Hapus
  31. Balasan
    1. Wookeeh.. Boleh..boleh.. silaken saja Mas!!!
      Mumpung GRATIS... TIIIS... TIISS...
      ^_^

      Hapus
  32. Manusia tempat salah dan dosa, hanya iman yang bisa membedakan dan keberadaan seseorang. Wah,saya kira lampu kamar saya yang redup,ternyata backgroundnya yang berubah-ubah warnanya... ^|^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. Bener banget Sobat!!!
      Karena Keimananlah yang bisa menyelamatkan dan menjauhkan Manusia dari efek pujian itu.
      ^_^
      Efeknya cuma pake Javascript aja ok Mas, boleh dicoba???

      Hapus
  33. saya saja punya banyak kekurangan,.. g pantas dipuji ew,..hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaaa.... SAMAAA DOOONG ma Ayas neh Mbak!!!
      Hweheheheee.....

      Hapus
  34. kalau untu sobat ayas, emang boleh dapat pujian kok,, karena selain orangnya keren, blognya juga makin MANTAAAAAAAP :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaaah,.... malah ikut-ikutan memuji siy Sob!!!
      ^_^
      MAKASI BANGET deh Sobat!!
      Hweheheee...

      Hapus
  35. Balasan
    1. SIAAAAP LAKSANAAKAN!!!!
      Hweheheee......

      Hapus

Hak Cipta © 2012 BagiBagiBlog Template oleh : UrangKurai